Jumat, 24 Maret 2017

Bekerja Mengikuti Passion atau Mengikuti Jurusan

Bekerja Mengikuti Passion atau Mengikuti Jurusan

Hingga saat ini pasti masih banyak diantara teman - teman disini yang masih stuck disitu - situ aja dengan kebimbangan antara memilih mau bekerja sesuai dengan passion atau memilih bekerja sesuai dengan jurusan di waktu sekolah (SMK) atau saat kuliah dulu.

Setiap orang pasti akan menemukan apa itu "keinginan sebenarnya dalam hidup ini" setelah melalui tahapan - tahapan pendewasaan diri yang biasa dibentuk di jenjang pendidikan, kehidupan sehari - hari dan pengalaman bekerja. Tidak sedikit orang yang sudah bekerja di suatu perusahaan bisa alih profesi ke profesi lain yang berbeda karena telah menemukan apa yang sebenarnya dia cari selama ini.

Jadi apa saja sih yang mesti dipertimbangkan dalam memilih pekerjaan? Simak listing versi ShoutIdea dibawah ini!

Apapun itu Harus Menghasilkan

Mau itu bekerja sesuai passion atau sesuai jurusan intinya apa yang kamu lakukan setidaknya harus bisa menghasilkan dan kamu dapat hidup dengan itu. Jangan sampai kamu menjadi orang kaku yang memilih - milih pekerjaan harus sesuai dengan passion kamu. Tujuan terpenting adalah kamu bisa mendapatkan penghasilan dan jangan buat hidupmu lebih susah lagi dengan cara pilih - pilih pekerjaan.

Walaupun keuntungan bekerja sesuai passion sebenarnya banyak sekali salah satu diantaranya kita tidak menjadi cepat bosan dan bahagia saat melakukannya, namun tidak sedikit dari para pekerja mengubur passion mereka dalam - dalam karena dianggap belum bisa menghasilkan seperti saat bekerja sesuai jurusan.

Beberapa Passion Membutuhkan Modal

Benar gak sih kalo passion itu terkadang membutuhkan modal lebih dahulu ketimbang bekerja sesuai jurusan? jawabannya "iya"  berbeda dengan saat kita sekolah atau kuliah sesuai jurusan yang semua fasilitas sudah disediakan oleh pihak sekolahan atau kampus dan kita tinggal menfaatin saja. Nah kalau passion bisa jadi kita ngemodalin dulu untuk semua kebutuhannya.

Malahan ada yang rela bekerja sesuai jurusan dan gajinya yang diperoleh dia investasikan untuk mewujudkan passionnya di bidang lain. Tapi sampai kapan hal itu akan mampu terus - menerus dilakukan? Ketika sadar ternyata passionnya hanya bisa menghabiskan waktu,tenaga dan uang berarti sudah saatnya kamu kembali fokus dengan karirmu di dunia kerja sesuai jurusan.

Ambil Jalur Termudah

Lakukanlah apa yang menurutmu mudah, jika memang bekerja sesuai passion lebih terasa mudah dibanding bekerja sesuai jurusan take it. Toh masih ada waktu untuk berpaling dan kembali memilih bekerja sesuai jurusan hingga akan merasakan kemudahannya ketika sudah mempunyai jam terbang yang cukup di bidangnya.

Dengan mencobanya satu - satu (passion dan jurusan) maka kamu akan bisa merasakan perbandingan plus minusnya dari bekerja dengan hal itu. Tetapkan fokusmu dan jangan menoleh ke belakang lagi untuk meralat pilihanmu. Sama saja kamu kembali ke titik nol, yakin?.

Know Your Position

Ketahui dulu posisi kamu sekarang. Jika kamu sudah bekerja hingga puluhan tahun sesuai dengan jurusan dan karirmu sedang berada puncak sebaiknya diskusikan dengan keluarga. Beralih ke passion di saat kamu sedang nyaman menikmati karir dan berbahagia dengan keluarga merupakan keputusan yang tidak tepat.

Kecuali jika keluarga memberikan restu untuk kamu berpindah keyakinan dari bekerja sesuai jurusan ke bekerja sesuai passion. Ada yang bilang bekerja tidak sesuai passion itu menyiksa dan bikin bosan. Memang benar seperti itu tapi dengan menyadari tanggung jawab, posisi dan kepercayaan yang diberikan kepada kita apakah kamu yakin mau mengecewakan orang - orang yang sudah percaya dengan kamu?.

Seperti kata pepatah dulu mengatakan "Tresno Jalaran Soko Kulino" dimana rasa cinta dan nyaman akan kita rasakan kalau kita sudah terbiasa melakukannya, begitu juga pekerjaan.

Sudah Bekerja Sesuai Passion & Jurusan

Beruntungnya kamu yang sudah mendapatkan pekerjaan impian dimana passion dan jurusan berjalan senada. Karena dengan begitu kamu sudah tidak perlu memikirkan lagi hal - hal seperti listing diatas. Keuntungan bekerja dengan passion yang akan kamu dapatkan :

  • Tidak akan mudah bosan dengan pekerjaanmu
  • Menyelesaikan pekerjaan = Kepuasan
  • Addicted dengan pekerjaan yang ditekuni
  • Mudah belajar dan mempunyai rasa ingin tahu lebih besar
  • Tidak mudah stress
Pada akhirnya kamulah yang akan menentukan bekerja mengikuti passion atau mengikuti jurusan. Sekalipun kamu memiliki passion yang kuat terhadap pekerjaan yang dipilih, namun budaya atau lingkungan kerja yang buruk bisa saja memengaruhi kinerja dan hasil kerja kamu.

Feature Image https://www.pexels.com

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search